Cara Pembayaran Adsense Untuk Publisher Indonesia

Image result for publisher indonesia


Berbicara tentang Google Adsense memang tak ada habisnya. Mulai dari perjuangan agar diterima jadi publisher (penayang iklan), mempertahankan diri agar tidak dibanned hingga bagaimana cara meningkatkan penghasilan dari Google Adsense.

Kali ini blogosmile ~ kembali akan membahas tentang tata cara mencairkan komisi dari Google Adsense.

Google Adsense menerapkan aturan yang berbeda-beda kepada tiap negara untuk melakukan pencairan atau pembayaran komisi. Dahulu, publisher Adsense di Indonesia hanya bisa melakukan pencairan melalui cek yang dikirim ke alamat masing-masing.

Selain metode ini membutuhkan waktu yang lama, kendala yang paling banyak dialami oleh publisher adalah cek yang tidak kunjung tiba. Apalagi kalau publisher telah pindah alamat. (Pengalaman pribadi yang bikin nyesek dada...hixhix).

Tapi itu dulu, kini Google Adsense telah memanjakan publisher di Indonesia. Ada tiga metode pembayaran yang ditawarkan Adsense.  Melalui transfer kawat ke rekening bank, melalui western union dan yang terakhir melalui cek, tentunya.

Jika Anda baru dalam menjalankan Google Adsense, dan belum mengetahui bagaimana cara melakukan pengaturan metode pembayaran, maka ikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Pertama-tama, masuk ke akun Google Adsense Anda. Lalu klik gambar bergerigi di pojok kanan atas, pilih Pembayaran
  • Anda akan dibawa ke halaman riwayat pembayaran Anda. Dibagian tengah, klik Kelola pada bagian Bagaimana Anda menerima pembayaran?
  • Lalu klik Tambah Metode Pembayaran Baru
  • Maka akan muncul tiga metode pembayaran yang disediakan oleh Google Adsense untuk publisher di Indonesia. Untuk masing-masing penjelasannya, sebagai berikut: 
1. Pembayaran Melalui Transfer Kawat ke Rekening Bank 
Metode pembayaran transfer kawat ini terbilang baru di Indonesia. Dengan menggunakan metode ini Anda akan menerima dana secara langsung ke dalam rekening bank Anda.  
Google akan mengirim penghasilan Anda dalam mata uang Dolar AS atau Euro, bergantung pada mata uang akun Anda, melalui transfer kawat internasional ke bank yang Anda pilih dan Anda mendapatkan uang di rekening bank yang Anda tentukan.  
Ini adalah metode yang cepat, mudah, dan aman untuk menerima pembayaran Anda. 
Syarat utama menggunakan metode ini tentu saja nomor rekening Anda. Hampir semua bank di Indonesia bisa menggunakan metode ini. Anda hanya butuh kode SWIFT-BIC dari bank yang Anda tuju. 
 
Apa itu SWIFT? SWIFT adalah Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication yang berupa alphanumeric unik yang panjangnya sesuai dengan international standard untuk mengidetifikasi institusi keuangan. Biasanya SWIFT addres memiliki panjang 8 hingga 11 karakter.  
SWIFT juga sering disebut sebagai BIC (Bank Identifier Code). Untuk mengetahui lebih lanjut kode SWIFT bank Anda, silahkan tanya ke bank masing-masing, atau mengeceknya di situs Bank Indonesia atau Otoritas Jasa Keungan (OJK).  
Walau terbilang mudah dan tanpa merepotkan, metode ini juga membutuhkan waktu. Memang tidak begitu lama, hanya dua atau tiga hari. Menggunakan metode ini juga Anda akan dikenai biaya yang akan langsung dipotong dari dana yang Anda kirimkan.   

2. Pembayaran Melalui Cek 
Seperti yang dikatakan sebelumnya, pembayaran melalui cek selain membutuhkan waktu juga memiliki kendala apabila Anda telah pindah alamat.  
 
Walau Google Adsense masih menjadikan ini pilihan dalam metode pembayaran, metode ini sebenarnya sudah tidak berlaku lagi bagi negara yang menggunakan metode pembayaran Transfer Dana Elektronik (EFT) atau transfer kawat ke rekening bank.  
Jadi, lebih baik menggunakan metode yang kedua jika hendak menggunakan metode pembayaran melalui cek.  

3. Pembayaran Melalui Western Union 
Sebelum pembayaran melalui Transfer Dana Elektronik (EFT) berlaku di Indonesia, metode ini paling banyak digunakan. Selain mudah dan cepat, metode ini juga tidak dipungut biaya atau pemotongan komisi.  
 
Western Union Quick Cash adalah bentuk pembayaran yang memungkinkan Anda menerima pembayaran AdSense secara tunai menggunakan layanan transfer uang Western Union (WU) di seluruh dunia.  
Memilih menerima pembayaran melalui WU berarti Anda tidak harus menunggu cek diterima melalui surat, dan hal ini juga dapat memangkas biasa bank dan waktu kliring yang lama terkait dengan penyetoran cek.  
Yang Anda perlukan saat menerima pembayaran melalui WU adalah tanda pengenal resmi yang sesuai dengan data penerima di Google Adsense.  
Cara mencairkan uang dari metode ini juga cukup mudah. Cari saja WU yang terdekat dari lokasi Anda dan berikan MTCN (Nomor Kontrol Transfer Uang) unik yang dapat ditemukan melalui tautan Pembayaran otomatis pada laman "Riwayat Pembayaran" Anda.  
Kekurangannya, selain harus mengantri (kalau sedang banyak orang) juga jumlah dana yang ditarik akan terbatas. Kalau tidak salah pembayaran diatas $8.000 akan dibagi dalam beberapa kali pengiriman. Selebihnya, metode ini cukup baik digunakan

Setelah mengetahui metode pembayaran yang berlaku di Indonesia, selanjutnya Anda silahkan memilih mau menggunakan metode yang mana. Tentu saja, cek sudah tidak diperhitungkan lagi. Apakah mau menggunakan transfer dana langsung ke bank atau melalui Western Union?. Silahkan tentukan sendiri. 

good luck & happy blogging :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »