Cara Mengatasi Error Deskripsi Singkat Meta Google Webmaster

seo blog

POSTING ini terinspirasi "keluhan" seorang klien Layanan Premium BS soal error di Short Meta Description (Deskripsi Singkat Meta).

Ia mengecek blognya di Google Webmasters Tools setelah mengganti templatenya dengan Template Premium BS. Ternyata ada kesalahan pada deskripsi singkat meta sekitar 27 buah! Wow, banyak juga ya... :)

CB pastikan, error pada deskripsi singkat meta itu bukan disebabkan karena template, tapi karena postingannya, lebih tepatnya kata-kata atau kalimat yang dimasukkan di Search Description (Deskripsi Pencarian) terlalu singkat atau terlalu pendek.

Sebetulnya CB tidak termasuk blogger "perfectionist" alias ingin sempurna di semua testing seo blogger tools. Bagi CB, dalam blogging itu terpenting isi, konten, atau posting berkualitas. 

Soal tampilan atau template, bagi CB cukup ini saja:
Selebihnya, CB tidak gunakan testing tools lain-lainnya lagi. Cukup empat testing tools di atas dan segera fokus ke Konten Berkualitas. 

Valid HTML juga tidak terlalu BS masalahkan karena Valid HTML "tidak ngaruh" sama seo blog.

Cara Mengetahui Kesalahan Deskripsi Singkat Meta

Kita bisa mengecek error desksipsi singkat meta dengan login ke Google Webmaster Tools. Tentu, sebelumya Anda sudah daftarkan blog ke sana, sebagaimana dalam panduan membuat blog seo ini.

Setelah masuk:
1. Klik menu "Search Appearance" (Tampilan Penelusuran)
2. Pilih menu "HTML Improvements" (Penyempurnaan HTML)

Deskripsi Singkat Meta


Akan ada data di sana. Dari 635 posting yang ada di blog BS ini, ternyata ada 4 posting yang deskripsi singkat meta-nya error, seperti gambar berikut ini:


deskripsi singkat meta error

Penyebab Muncul Error Deskripsi Singkat Meta 

Short Meta Descriptions ini akan muncul di Google Webmaster Tools jika kita mengisi kolom Deskripsi Penelusuran dengan kalimat terlalu pendek, terlalu sedikit, atau terlalu singkat. 

Deskripsi posting yang terlalu singkat tidak akan akurat dalam memberikan informasi kepada pengguna dan mesin telusur.

Contohnya, posting CB yang error itu salah satunya "Cara Mengucapkan Wi-fi yang Benar", meskipun nyatanya posting ini ada di peringkat teratas SERP Google :)

pengucapan wifi yang benar

Ternyata, terjadinya kesalahaan di deskripsi singkat meta itu karena kalimat yang dimsukkan di deskripsi penelusurannya sama dengan judul alias sama-sama singkat:

deskripsi penelusuran

2 Cara Mengatasi Deskripsi Singkat Meta 

Dari pengalaman atau "studi" di atas, maka kesimpulannya, ada dua cara mengatasi error deskripsi singkat meta:
  1. Nonaktifkan alias kosongkan/jangan diisi.
  2. Edit dan tambahkan kata-kata lagi agar lebih panjang.
Mana cara terbaik? Dua-duanya baik. Jika terlalu banyak yang error, dicicil aja, sesempetnya. Toh, dari pengalaman cb di atas, tentang pengucapan wifi itu, meskipun error, masih tampil di peringkat teratas Google 'kan?

Lalu, seberapa panjang meta deskripsinya? Menurut obrolan di forum Quora, ini jawabannya: di atas 70 karakter dan di bawah 150 karakter.
  • Too long - Over 156 characters 
  • Too short - Below 70 characters
Good Luck & Happy Blogging!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »